Wednesday, May 11, 2011

Bagaimana Jika Anak Susah Makan Diberi Susu Sebagai Pengganti ??



Pada tahap tertentu pertumbuhan, anak sering mengalami masalah sulit makan. Kebanyakan orangtua akhirnya mengandalkan susu untuk tetap memenuhi gizi anak.

Saat baru dilahirkan hingga usia 2 tahun, bayi mengalami tahapan growth spurt (pertumbuhan sangat cepat), dalam hal fisik maupun otak. Setelah itu, pertumbuhannya melamban sampai sekira usia 9 tahun.

“Itu hanya dari aspek pertumbuhan, belum dari aspek aktivitas. Dalam masa pertumbuhan, yang penting adalah anak harus tinggi. Untuk bertambah tinggi, anak perlu tulang,”

“Dia juga perlu tenaga untuk mendukung aktivitas bermain. Di samping itu, mereka butuh konsentrasi untuk belajar di sekolah. Otak harus berkembang dengan volume optimal, di samping juga pertumbuhan mental atau psikis,”

Untuk memenuhi kebutuhan gizi anak, makanan harus mengandung gizi seimbang, meliputi karbohidrat (55-65 persen), protein (12-15 persen), lemak (25-30 persen), serta vitamin dan mineral. Masalahnya, orang sering kali sulit mengikuti teori tersebut.

“Di sinilah peran susu untuk mencukupi, di samping karena susu punya kandungan spesifik lain, seperti laktosa, kalsium, magnesium untuk pergerakan otot, dan sebagainya,”

Lantas, apakah susu benar-benar bisa diandalkan untuk pemenuhan nutrisi anak bila mereka tidak mau makan?

“Anak sulit makan, bisa diganti susu, karena kandungan susu bagus untuk pertumbuhannya. Makanan berkualitas baik harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan serat. Kelemahan susu hanya tidak ada serat, tapi kualitas protein dan lemaknya lebih bagus. Yang terbaik adalah konsumsi makanan berkualitas juga minum susu,”

Ditambahkan dr Samuel, takaran ideal minum susu untuk usia 1-6 minimal 2 gelas (500 cc). Dan bila anak kurang makan, bisa ditambah menjadi 3 gelas.

Namun, dr Samuel juga mengutarakan kelemahan anak hanya mau minum susu.

“Memang, susu lebih mudah dicerna, tapi tidak melatih sel-sel motorik anak dengan baik,”

“Akan ada kebutuhan psikologi yang tidak terpenuhi, misalnya kesulitan bicara lantaran manja; susu disedot, makanan dikunyah, dia jadi malas. Yang akan repot pasti orangtua,” sahut Anna Ariani Surti Psi, psikolog, pada kesempatan yang sama.

Tags :Cakrawala Remaja, Ramalan BIntang, Fit and Beauty, Realita Kehidupan, Potret Kemiskinan, Lingkungan Hidup, Masyarakat Kumuh, Pergaulan Bebas, Remaja ABG, Hamil Diluar Nikah, Aborsi, Video Porno, Free Sexs,Perempuan Nakal, Remaja Bugil, Blogging, Tips Kecantikan, Wanita Modern, Seks Bebas, Vitalitas Seks, Fashion, Zadiak, Horoskop, Kencan, Kissing, Love, Blogger, Pergaulan Remaja, Remaja Masa Kini, ABG Kota, Anak Susah Makan, Remaja, Cara atasi Anak Susah Makan, Anak Susah Makan Diberi Susu , anak minum susu, Bagaimana Jika Anak Susah Makan Diberi Susu Sebagai Pengganti ??
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih Atas Komentar Anda tentang Bacaan Ini
Jangan Lupa Kembali Berkunjung ke situs Kami